Daftar Instansi Buka Formasi CPNS 2023 Untuk Lulusan SMA dan SMK

  • Posted by:
  • Posted on:
  • Category:
    CPNS, SMA/SMKCPNS, SMA/SMK
  • System:
    Unknown
  • Price:
    USD 0
  • Views:
    3146

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN 2023 akan kembali digelar. Calon pendaftar bisa mulai mempersiapkan diri dari sekarang karena akan tersedia 572.299 formasi yang tersedia untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2023 dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Selain lulusan sarjana atau S1, sejumlah kementerian dan lembaga negara juga dikabarkan akan membuka lowongan CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan SMK.

Untuk mengetahui informasi dan pendaftaran CPNS 2023 dan PPPK selain melalui laman sscasn.bkn.go.id, seleksi CASN 2023 kali ini akan tersedia di portal ASN Karier. Di dalamnya akan menampilkan informasi uraian tugas, jabatan, dan pendapatan yang berguna untuk membantu memilih formasi.

Daftar InstansiBerikut daftar instansi yang dikabarkan akan membuka lowongan CPNS 2023 untuk lulusan SMA dan SMK:

  • Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)
  • Kementerian Pertanian (Kementan)
  • Kementerian Pertahanan (Kemhan)
  • Kejaksaan Agung (Kejagung)
  • Kementerian Perhubungan (Kemenhub)
  • Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

Syarat Terbaru Seleksi CPNS 2023 dan PPPK

Sebelumnya, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, meminta masyarakat untuk mempersiapkan diri serta memperhatikan syarat-syarat seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN 2023, baik CPNS 2023 maupun PPPK akan dibuka dalam waktu dekat.

Sebelum mendaftar, tentunya calon pelamar harus mencermati syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara umum, misalnya terkait batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lain-lain.

“Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK,” kata Menteri Anas di Jakarta, Sabtu (2/9/2023).

Selain itu, calon pelamar diminta harus aktif mencari informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah terkait seleksi CASN.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” ujarnya.

Dokumen untuk Daftar CPNS 2023 dan PPPK

Terkait persyaratan, pelamar bisa mempersiapkan dokumen-dokumen umum dahulu seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, akta kelahiran, daftar riwayat hidup. Sementara, dokumen lain yang nantinya akan diumumkan dalam pengumuman.

“Setiap instansi punya persyaratan khusus masing-masing. Cermati dokumen yang dibutuhkan untuk melamar karena calon pelamar. Jangan sampai ini menjadi kendala saat melamar,” ujarnya.

Berdasarkan Surat Kepala BKN No. 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2023, pengumuman seleksi dilakukan oleh setiap instansi pemerintah pada 16-30 September 2023. Sementara untuk pendaftarannya, dimulai sejak 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Adapun Anas meneaskan, bahwa arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023 fokus pada pemenuhan pelayanan dasar, yakni guru dan tenaga kesehatan.

“Untuk rincian formasi apa yang akan dibuka, nanti tunggu pengumumannya,” ujar Anas.

Lebih lanjut, Mantan Kepala LKPP ini juga mengingatkan bagi calon pelamar yang tertarik untuk bergabung menjadi CPNS maupun PPPK bahwa harus siap ditugaskan/ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia dan bersedia menerima gaji yang telah ditetapkan sesuai aturan yang ada.

“Perlu komitmen yang tinggi bagi setiap individu yang mengabdikan dirinya untuk negara. Harus bersedia ditempatkan dimanapun termasuk daerah terpencil,” pungkas Anas.

Tagged:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *